Iklan

HITS 15 Tempat Wisata Air di Blitar Jawa Timur Paling Keren #1

HITS 15 Tempat Wisata Air di Blitar Jawa Timur Paling Keren #1 - Anda berencana berlibur ke kota Blitar? ya blitar adalah salah satu kabupaten yang berada di bagian selatan Jawa Timur. Tempat wisata di Blitar memiliki pesona alam yang indah, serta cukup penting dalam historiografi Indonesia. Jika anda akan berlibur ke Blitar, posisinya terletak di kaki Gunung Kelud dan berbatasan langsung dengan Samudra Hindia di bagian selatan. Secara letak geografis, Blitar merupakan salah satu Kabupaten di Jawa Timur yang memiliki perpaduan pesona pemandangan dataran tinggi dan garis pantai yang cocok dijadikan tujuan destinasi akhir pekan Anda.


Oke, pada kesempatan kali ini, admin akan membahas tentang tempat wisata di Blitar yang berhubungan dengan air. Dimana saja tempat-tempat tersebut?

1. Wisata Pesanggrahan Tambakrejo di Blitar


Apabila kalian berkunjung ke wisata Blitar Pantai Tambakrejo, sempatkan untuk mengunjungi pesanggrahan yang terletak di atas bukit pantai tersebut. Lokasi ini menawarkan keindahan pemandangan pantai yang indah, serta dipadukan dengan suasana senja yang romantis. Pesanggrahan ini merupakan sebuah penginapan yang memiliki beberapa fasilitas istimewa, mulai dari bed room, hingga ruang rapat yang sangat cocok untuk di jadikan tempat meeting.


2. Wisata Pantai Umbul Waru di Blitar

Tempat wisata di Blitar yang lagi hits adalah wisata Pantai Umbul Waru. Pantai ini terletak di Desa Sidomulyo, Kecamatan Bakung, Kabupaten Blitar. Pantai ini sangat unik karena memiliki air terjun yang mengalir dari atas bukit menuju ke Samudra Hindia. Akses menuju lokasi pantai ini cukup sulit karena kalian harus melalui jalanan terjal dan sempit. Apabila kalian akan menuju ke sana, kami rekomendasikan untuk menyiapkan perbekalan yang cukup.

3. Wisata Situs Arca warak Blitar

Situs Arca Warak terletak di Desa Modangan, Kecamatan Nglegok, Kabupaten Blitar. Situs ini berada ± 2 km di sebelah timur laut Candi Penataran. Pada Situs Arca Warak juga ditemukan berbagai artefak lainnya seperti: batu candi, jaladwara, kemuncak, dan lumpang. Jaladwara adalah unsur bangunan yang berfungsi untuk mengalirkan air. Biasanya jaladwara berbentuk mirip Makara pada bangunan candi, namun jaladwara pada Situs Arca Warak memiliki keunikan jika dibandingkan dengan jaladwara pada umumnya, yakni berbentuk seekor gajah.

4. Wisata Air Terjun Sirah Kencong Blitar


Wisata Blitar air terjun yang satu ini terletak di Desa Ngadirenggo, Kecamatan Wlingi, Kabupaten Blitar. Sama seperti wisata air terjun sebelumnya, akses menuju lokasi ini juga cukup menantang karena harus berjalan kaki melewati hutan belantara. Lokasinya yang tersembunyi menyebabkan wisata ini masih cukup asri.

5. Wisata Telaga Rambut Monte Blitar

Telaga Rambut Monte merupakan salah satu andalan tempat wisata di Blitar. Wisata ini menawarkan pemandangan telaga yang sangat jernih. Selain itu, daya tarik lainnya dari telaga ini adalah bangunan candi dan tempat petilasan yang masih sering digunakan untuk ritual. Pemandangan di sekitar lokasi juga tak kalah indah, kalian akan melihat hamparan perkebunan teh serta ladang persawahan yang subur. Lokasi wisata ini terdapat di Desa Krisik, atau 30 Km dari pusat Kota Blitar.

6. Wisata Air Terjun Lawean Blitar

Air Terjun Lawean terletak di Dusun Parang, Desa Semen, Kecamatan Gandusari, Blitar. Air terjun ini berada di kawasan perkebunan kawisari, untuk menuju ke lokasi air terjun ini lebih mudah dibandingkan dua air terjun yang saya bahas diatas. Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 25 meter dan terbagi menjadi dua bagian, yang pertama terdapat tiga aliran namun tidak deras, yang kedua hanya satu aliran dan cukup deras.

7. Wisata Air Terjun Goa Luweng Blitar

Goa Luweng  terletak di Dusun Prodo Desa Ngrejo Kec. Bakung, Kab. Blitar. Rute untuk menuju Goa Luweng caranya cukup mudah, karena lokasinya di daerah Bakung sebelum Monumen Trisula. Saat ini sudah terdapat banner petunjuk jalan menuju goa luweng. Apabila anda dari Kota Blitar, anda bisa menuju arah Kademangan kemudian mengikuti petunjuk arah menuju Pantai Tambakrejo. Sesampainya di perempatan gawang, belok kanan menuju Monumen Trisula. Ikuti terus jalan hingga anda menemukan banner menuju Goa Luweng dan berbeloklah ke kanan.  Jalann menuju Goa Luweng cukup mudah dan dapat dilalui oleh kendaraan baik roda dua maupun roda empat. 

8. Wisata Air Terjun Tirto Galuh Blitar

Air terjun yang memiliki pesona menawan ini oleh masyarakat Blitar lebih dikenal dengan nama Kedung Malang. Letaknya berada di Desa Sidomulyo, Kecamatan Bakung, Blitar. Lokasinya tak terlalu jauh dari Monumen Trisula Blitar. Di sini kamu akan melihat panorama alam yang masih sangat asri. Alamnya yang sejuk, udaranya yang segar dan kicau burung yang merdu akan membuatmu betah berlama-lama di sini. Kian hari, Air Terjun Tirto Galuh kian ramai dikunjungi wisatawan dari luar Kota Blitar.

9. Wisata Arung Jeram Soko Adventure Blitar

Obyek Wisata Arung Jeram Soko Adventure Blitar terletak di Desa Tegalasri, Kecamatan Wlingi, Kabupaten Blitar. Wisata ini menawarkan keseruan bermain air di sepanjang aliran sungai Tiko dan Sungai Lekso. Apabila kalian merasa belum berani mengarungi jeram-jeram menantang yang ditawarkan oleh wisata ini, kalian dapat duduk-duduk santai di café yang terletak di pinggir sungai. Pemandangan eksotis tersebut menjadikannya sebagai salah satu tempat wisata Kota Blitar yang cukup favorit.

10. Wisata Water Park Sumberudel Blitar

Wahana keluarga yang satu ini terletak sekitar 500 meter dari makan Bung Karno, tepatnya di Jalan Kali Brantas, Kelurahan Bendo. Di tempat ini, kalian dapat menikmati fasilitas wahana air, seperti kolam renang, papan seluncur, dan masih banyak lagi. Tiket masuk wisata ini cukup murah, yaitu 10.000 pada weekday, dan 15.000 pada weekend. Murah bukan?

Tujuan Tempat Wisata di Blitar Jawa Timur Lainnya :

11. Fish Garden Pakunden Blitar

Fish Garden merupakan wahana wisata edukasi ikan air tawar. Wahana ini terletak di Jl. Bengawan Solo, Kota Blitar. Lokasinya tepat berada di depan SMA Negeri 3 Blitar. Bagi para traveler yang masih belum familiar dengan lokasi tersebut, berikut penjabaran rutenya: Kota Blitar – Stadion Soeprijadi – Waterpark Sumberudel ke barat – perempatan Pasar Pahing ke kiri – Fish Garden terletak di kanan jalan. Jika dari arah Kediri/ Srengat via jalan Tanjung, pada perempatan SPBU Pakunden belok ke kiri – Fish Garden terletak di kiri jalan.
Sesuai dengan jargonnya sebagai wahana wisata edukasi, di sini para traveler sekalian akan diberikan pengetahuan mengenai ikan air tawar, baik jenis, habitat, pakan, keunikan, dan lain sebagainya. Sebelumnya kalian harus membeli tiket terlebih dahulu sebesar RP. 10K (*harga bisa berubah sewaktu-waktu sesuai kebijakan managemen). Selanjutnya kalian akan dipandu memasuki ruang display ikan air tawar. Ruang ini berupa lorong gelap yang didalamnya terpajang aquarium-aquarium raksasa, dengan berbagai jenis ikan air tawar di dalamya. Ada red devil, sidat, predator, gurami albino, toman, maskoki, louhan, dan masih banyak lainnya.

12. Wisata Curug Moncar Blitar

Destinasi wisata alam Blitar ini terletak di Desa Bakung, Kecamatan Bakung, Blitar. Namanya memang masih belum terkenal di Jawa Timur, tapi keindahannya sungguh tak bisa diragukan. Akses jalannya terbilang mudah karena sudah beraspal. Di tempat ini kamu bisa ngadem sambil foto-foto bersama pacar atau teman sejati. Yang menarik adalah; di Curug Moncar kamu akan menemui hewan endemik Dekapoda (kepiting kecil) dan kumpulan ikan pemanjat yang bersembunyi di bawah bebatuan. Ikan ini terbilang unik, karena bisa hidup di daratan untuk beberapa menit. Sayangnya, Curug Moncar masih belum dapat perhatian Pemkab Blitar sebagai destinasi wisata.

13. Wisata Baru Curug Badrun Blitar

Destinasi wisata alam di Blitar ini berada di sungai perbatasan antara Desa Bululawang dan Desa Tumpakoyot, Kecamatan Bakung, Kabupaten Blitar. Curug Badrun memang belum banyak dikunjungi para wisatawan, itulah mengapa tempat ini masih sangat bersih dan jauh dari sampah-sampah. Bagi warga di luar Blitar, Curug Badrun memang belum setenar wisata lain di Jawa Timur. Namun tentu saja keindahannya tak bisa dipandang sebelah mata. Untuk mencapainya tidak terlalu sulit, jalannya pun kebanyakan sudah beraspal.

14. Wisata Sunset Pantai Serang Blitar

Keberadaan Pantai Serang menjadikan warga Jawa Timur, khususnya Blitar bangga hati. Pantai yang berada di pesisir Samudra Hindia, atau lebih tepatnya di Desa Serang, Kecamatan Panggungrejo ini memang selalu jadi destinasi wisata favorit. Selain pesona sunset-nya yang eksotis, Pantai Serang juga sering mengadakan ritual tradisional yang sering disebut masyarakat jawa sebagai larung saji. Untuk mencapainya, kamu membutuhkan waktu tempuh sekitar ½ jam dari Kota Blitar. Di tempat ini kamu bisa bermain air sampai puas, foto-foto atau sekedar ngadem cantik. Pasirnya yang berwarna putih, membuat Pantai Serang berbeda dengan pantai lainnya di Blitar. Jadi sepertinya harus masuk dalam list destinasi wisatamu nih!

15. Selfie Keren di Pantai Umbul Waru Blitar

Bukan hanya Malang, Pacitan dan Jogja yang memiliki pantai dengan air terjun. Blitar pun ada. Terletak di Desa Sidomulyo, Kecamatan Bakung, Blitar. Pantai ini bernama Pantai Umbul Waru dan bisa dibilang salah satu pantai yang cukup sempit dibandingkan pantai lain di Blitar. Di tempat ini kamu bisa ngadem sambil melihat ombak dan burung-burung yang saling berkejaran. Karena arus ombaknya yang terbilang besar, jangan berenang ya… cukup di pinggirannya saja. Kamu masih bisa kok menikmati alam raya Blitar dari tebing-tebing cantik di Pantai Umbul Waru.

Demikian HITS 15 Tempat Wisata Air di Blitar Jawa Timur Paling Keren #1 Rekomendasi Liburan. Beberapa pilihan di atas dapat dijadikan sebagai referensi untuk Anda berlibur. terimakasih kami kepada google.com sebagai media sumber informasi