Iklan

SPESIAL Wisata di Tulungagung - Pantai Kolam Kedung Tumpang di Tulungagung

SPESIAL Wisata di Tulungagung - Pantai Kolam Kedung Tumpang Tulungagung | Wisata ke Pantai, yah tampaknya tempat yang satu itu selalu terbayang keindahan setiap kali disebut atau dibayangkan. Kali ini admin akan bagikan info SPESIAL Wisata yang ada di Tulungagung, warga setempat Wisata di Tulungagung ini menamai dengan sebutan Pantai Kolam Alami Kedung Tumpang Tulungagung.

SPESIAL Wisata di Tulungagung - Pantai Kolam Kedung Tumpang
SPESIAL Wisata di Tulungagung - Pantai Kolam Kedung Tumpang
Seperti namanaya dalam bahasa jawa "Kedung" adalah alur aliran sungai atau perairan tenang, nah disana karang-karang yang membentang dari sisi Barat ke sisi timur pantai Blabak  dan pantai Glogok yang tidak memiliki pasir yang luas.

Tetapi pantai Kedung Tumpang tidak hanya seluas tebing yang biasa kita lihat, disana sepanjang tebing, ada sekelompok beberapa kolam yang terbentuk secara alami, nah menurut cerita, Kolam Kedung Tumpang terbentuk akibat erosi oleh gelombang laut yang mana kolam-kolam begitu jelas, indah dan eksotis akan menggoda siapa saja untuk berenang di dalamnya.

Namun, sebelum Anda berenang, Anda harus memperhatikan kondisi laut air. Waktu yang tepat untuk berenang adalah ketika laut surut, karena jika kondisi laut pasang, kemudian gelombang akan memukul tebing-tebing karang keras dan tumpah ke kolam2. Jika kondisi seperti ini akan berbahaya jika Anda berenang, karena bisa jadi Anda akan ikut terseret gelombang.

 SPESIAL Wisata di Tulungagung - Pantai Kedung Tumpang Tulungagung




Secara administratif pantai Kedung Tumpang terletak di desa Pucanglaban kec. Pucanglaban Tulungagung.

Akses Menuju Pantai Kedung Tumpang Tulungagung

Rute: dari kota Tulungagung ikuti petunjuk ke Blitar, 


  1. Sampai di pertigaan Ngunut belok kanan mentok ketemu pertigaan lampu merah belok kiri sekitar 20meteran 
  2. Ketemu pertigaan pertama belok kanan mentok 
  3. Ketemu pertigaan belok kanan mentok 
  4. Belok kiri mentok ketemu pos jaga 
  5. Belok kanan sekitar 1kiloan ketemu pertigaan pertama belok kiri. 
  6. Dari sini jalan mulai menanjak dan berkelok kelok yang mana tempat ini di kenal dengan sebutan Bukit Luk Songo (bukit kelok sembilan). 
  7. Lepas dari bukit luk songo ikuti jalan hingga pasar Puser. 
  8. Setelah Pasar Puser ketemu pertigaan ambil lurus mengikuti petunjuk ke pantai Molang.
  9. Dari sini tinggal mengikuti jalan utama hingga masuk desa Pucanglaban dan di ujung desa Pucanglaban terdapat pertigaan Pos Portal. 
  10. Di pertigaan ini sudah dipasang papan petunjuk ke Pantai Kedung Tumpang yaitu belok kanan dimana kondisi jalan sudah berubah menjadi makadam ( tanah berbatu). 
  11. Sekitar 1kiloan ketemu pertigaan belok kiri mentok dan sampai di tempat parkir. 
  12. Dari tempat parkir tinggal jalan kaki menuruni bukit sekitar 30 menitan.


NB: selain menikmati beberapa kolam2 yang indah tersebut, diujung barat Kedung Tumpang juga terdapat air terjun yang cukup tinggi tapi memiliki debit air yang kecil. Meski begitu di air terjun ini anda bisa membilas badan anda setelah berenang di kolam Kedung Tumpang yang berair asin.

Untuk kendaraan saya sarankan anda menggunaan motor jika berkunjung ke Kedung Tumpang di Tulungagung karena tempat ini baru di kelola oleh warga sekitar sehingga akses jalan dan tempat parkir masih belum memadai. Dan yang paling penting,selama anda berada disini jangan lupa selalu jaga kebersihan/jangan buang sampah sembarangan.

Untuk Kawan-kawan yang membutuhkan pemandu silahkan hubungi tim wisatakan di Hp. 085729157487