Iklan

5 Oleh-oleh Khas Lombok Asli

5 Oleh-oleh Khas Lombok Asli | Pulau Lombok ketika mulai banyak dikenal karena keindahan alamnya yang sangat menawan dan saingan terdekat, Bali. Karena keindahan alamnya, banyak wisatawan yang berkunjung baik domestik maupun mancanegara. Tempat wisata di Pulau Gili Lombok  Gunung Rinjani, pantai Senggigi, dan banyak lagi. Selain keindahan alam, kuliner, dan Lombok penuh rasa memiliki daya tarik tersendiri bagi wisatawan.

Jika Anda salah satu dari mereka yang perjalanan wisata ke Lombok, takut bahwa Anda hanya tangan tanpa kosong rumah membeli souvenir atau kenangan dari Lombok. Yah... Berikut adalah beberapa hadiah khas Lombok yang sayang jika Anda lewatkan.



1. Dodol Rumput Laut 
Dodol Rumput Laut ( brand: Phoenix Food Indonesia, Lombok) adalah cemilan sehat yang terbuat dari rumput laut pilihan di pulau lombok ini, diolah secara hieginis dengan peralatan modern, tanpa bahan pengawet dan perasa buatan.



Diproses secara modern dan higienis, terbukti dengan diperolehnya penghargaan Piagam Bintang Keamanan Pangan dari Badan POM pada Tahun 2006. Dodol Rumput Laut mengandung karbohidrat, vitamin, serat dan berbagai nilai gizi yang berguna untuk tubuh. Cocok untuk dikonsumsi sehabis makan pagi, makan siang, maupun makan malam. Dapat dikonsumsi pada tempat resmi maupun disaat santai, serta cocok untuk dijadikan oleh – oleh, kado, atau bingkisan.

Dodol ini bisa Anda peroleh di berbagai tempat seperti tempat-tempat wisata, kios-kios, supermarket, atau jika kelupaan, Anda bisa mencarinya di Bandara.

2. Mutiara Lombok

Mutiara Lombok sudah sangat dikenal bahkan dijadikan ikon nasional Pulau Lombok sehingga jangan sampai Anda ketinggalan mengoleksi souvenir dari mutiara ini. Di Lombok, Anda bisa menemukan berbagai jenis dan kualitas mutiara dengan harga yang berfariasi mulai dari ratusan hingga jutaan per gram. Namun Anda tidak perlu khawatir kerena mutiara Lombok ini adalah mutiara laut, bukan mutiara hasil budidaya air tawar.



Mutiara lombok bisa dengan mudah Anda temukan di butik-butik mutiara berkualitas dan bersertifikat, berbagai art shop, toko perhiasan, hingga di tempat-tempat wisata dan hotel.

3. Kain tenun Sasak

Salah satu oleh-oleh khas Lombok lainnya yang patut Anda pertimbangkan adalah kain tenun sasak. Kain tenun sasak terkenal dengan proses pembuatannya yang rumit dan memakan waktu lama. Harganya pun berfariasi, semakin halus dan bagus motifnya, semakin mahal pula harganya. Jika Anda berminat, Anda bisa berkunjung ke sentra industri kain tenun Sukarara, Lombok Tengah. Tempat ini merupakan sentra kain tenun yang pembuatannya masih trasional, menggunakan tangan oleh masyarakat setempat.



4. Madu Sumbawa
 
Pulau Sumbawa terkenal sebagai salah satu penghasil madu terbaik di Indonesia, dan madu sumbawa ini bisa Anda temukan dengan Mudah di Lombok. Ada dua jenis madu yang banyak dijual di Lombok yaitu madu biasa (berwarna kuning kecoklatan) dan madu putih atau madu kristal (beradal dari lebah yang hidup di batu karang-karang putih). Madu putih ini dipercaya bisa menyembuhkan penyakit saraf, pencernaan, dan bagus untuk tulang.



5. Susu kuda liar
 
Selain madu, Pulau Sumbawa juga terkenal dengan produksi kuda liarnya. Susu ini sudah dikenal secara luas kerena khasiatnya namun jarang ditemukan di tempat lain karena produksinya yang sangat terbatas. Susu yang dihasilkan dari kuda-kuda yang hidup bebas berkeliaran di Pulau Sumbawa ini banyak mengandung probiotik alami dan bebas dari kandungan kimia sehingga dapat menekan pertumbuhan bakteri jahat di pencernaan yang disinyalir dapat mengobati berbagai penyakit pencernaan seperti disentri, kolera, thypus, TBC bahkan leukimia dan tumor. Susu ini juga dapat menjaga stamina, kebugaran, dsb.



Selain yang sudah disebutkan di atas, masih ada juga oleh oleh khas lombok lainnya yang bisa beli seperti baju kaos Lombok, minyak gosok Sumbawa, telur asin khas lombok, dendeng rusa, kerupuk kaki ayam, kendi maling, dan masih banyak lagi.