Iklan

Tempat Wisata di Lombok [Gunung Rinjani Lombok]

Tempat Wisata di Lombok [Gunung Rinjani Lombok] | Gunung Rinjani menawarkan pemandangan alam yang aduhai indahnya bila dibandingkan dengan gunung di Indonesia lainnya, bahkan keindahan Rinjani disebut-sebut sebagai yang paling indah tidak hanya di Indonesia, tapi juga di Asia. Karena sajian panorama alamnya yang luar biasa inilah Gunung Rinjani menjadi gunung favorit para pendaki entah mahasiswa, pecinta alam, penduduk lokal, hingga wisatawan asing.

Pendakian gunung rinjani yang berlokasi di Lombok utara tentu sudah tidak asing lagi bagi warga Indonesia. Gunung Rinjani yang mempunyai tinggi lebih dari 3,700 meter di atas permukaan laut adalah gunung berapi tertinggi kedua di Indonesia dan merupakan primadona wisata di Pulau Lombok.

Bulan Juli dan bulan Agustus adalah waktu di mana Wisata Gunung Rinjani paling banyak dikunjungi wisatawan. Para pendaki gunung ini bertujuan untuk mencapai puncak Gunung Rinjani selain untuk menikmati panoramanya, juga untuk mendapat kepuasan tersendiri karena telah berhasil menaklukan gunung berapi kedua tertinggi di Indonesia ini.

Selain panorama alam yang tiada duanya, Gunung Rinjani juga mempunyai keunikan lain yaitu flora dan faunanya yang beraneka ragam. Ketika mendaki Gunung Rinjani, anda akan melihat betapa kayanya Gunung Rinjani. Setiap 1,000 meter pendakian anda akan melihat jenis flora yang berbeda, misalnya pada ketinggian 2,000 meter anda akan menemukan banyak cemara gunung, dan pada ketinggian 3,000 meter anda akan melihat banyak bunga edelweiss.

Tempat Wisata di Lombok [Gunung Rinjani Lombok]

Tempat Wisata di Lombok Gunung Rinjani Lombok
Tempat Wisata di Lombok Gunung Rinjani Lombok
Baca Juga: >> 15 Tempat Wisata di Pulau Lombok

Setiap tahunnya, jumlah pendaki Gunung Rinjani semakin banyak, dan sebagian besar pendaki ini merupakan mahasiswa pecinta alam yang berasal dari berbagai daerah di Indonesia. Hal yang paling suka mereka lakukan adalah merayakan hari kemerdekaan Indonesia di puncak Gunung Rinjani pada bulan Agustus. Namun perlu diingat bahwa pada bulan Agustus sering kali banyak angin kencang di puncak gunung ini.

Untuk fauna yang dapat anda temui di antaranya adalah lebih dari 100 jenis burung yang berbeda, landak, rusa, monyet perak, monyet ekor panjang, dan lain-lain. Terkadang binatang yang ada di Gunung Rinjani, terutama monyet ekor panjangnya suka berbuat nakal. Kenakalan monyet tersebut adalah masuk ke dalam tenda pendaki dan mengambil makanan yang ada di dalam tenda.

Suhu udara di Gunung Rinjani cukup dingin dengan suhu rata-rata sektiar 20 derajat Celsius dan suhu paling dingin bisa mencapai 10 derajat Celsius sehingga anda perlu membawa baju tebal dan jaket untuk menghalau suhu yang dingin tersebut.

Dibalik keindahan Gunung Rinjani, juga terdapat resiko yang lumayan tinggi dalam pendakiannya. Hingga saat ini, Gunung yang paling terkenal di Lombok ini telah menelan korban jiwa yang cukup banyak, oleh karena itu anda juga harus berhati-hati ketika melakukan pendakian. Biasanya hal ini terjadi karena cuaca buruk yang tiba-tiba datang, menyebabkan para pendaki kehilangan arah, tersesat, dan pada akhirnya ditemukan tidak bernyawa.

Karena resikonya yang lumayan tinggi, saya menyarankan anda untuk mendaki Gunung Rinjani ditemani pemandu supaya tidak tersesat. Biasanya banyak paket tur Gunung Rinjani, mulai dari paket pemula, paket profesional, hingga paket yang hanya setengah jalan saja. Dengan mengikuti program tersebut, anda akan aman dari bahaya tersesat, selain itu, biasanya paket tur tersebut juga menyediakan jasa pembawa barang dan juga meminjamkan alat-alat seperti tenda, alat masak, dan lain-lain sehingga anda hanya perlu datang dengan barang-barang pribadi lalu berangkat menikmati pesona Gunung Rinjani.

Biasanya untuk dapat mencapai puncak, pendaki akan membutuhkan waktu 2 malam untuk pendaki profesional, dan 3 malam untuk pendaki pemula. Oleh karena itu anda harus bersiap membawa bekal yang cukup dan peralatan yang memadai untuk menaklukan tantangan ini.

Apabila anda mengambil paket tur, tentu saja sebenarnya sudah lengkap peralatan yang perlu dibawa, namun anda tetap harus membawa barang-barang berikut ini karena kemungkinan tidak disediakan oleh pihak tur:

  1. Jas hujan, Topi, dan Pakaian hangat
  2. Senter, Tisu, dan Teropong
  3. Kamera
  4. Peralatan mandi dan ibadah
  5. Sepatu dan Sandal yang kuat
  6. Kacamata hitam
  7. Kaos kaki tebal, Sarung tangan
  8. Makanan dan minuman ekstra
  9. Obat nyeri otot, Sunblock, Obat pribadi

Apabila anda adalah seorang yang mempunyai penyakit pernafasan, penyakit jantung, darah tinggi, epilepsi, atau penyakit berbahaya lainnya, maka anda tidak dianjurkan mendaki Gunung Rinjani.

Jalur Pendakian Gunung Rinjani (LOMBOK)


Ada beberapa jalur resmi dan utama yang sering di gunakan oleh pendaki Rinjani. Berikut ini jalur - jalurnya.

1. JALUR SENARU
Jalur pendakian Senaru merupakan jalur pendakian paling ramai, hal ini disebabkan selain sebagai jalur wisata treking juga kerap dipergunakan sebagai jalur pendakian oleh masyarakat adat yang akan melakukan ritual adat / keagamaan di puncak Rinjani atau Danau Segara Anak. Pusat Pendakian Terpadu ( Rinjani Trek Centre ) Senaru.

Rute pendakian yaitu Senaru - Pelawangan Senaru - Danau Segara Anak dengan berjalan kaki memakan waktu ± 10 - 12 jam melalui trail wisata yang berada dalam hutan primer dan sepanjang jalan trail telah disediakan sarana peristirahatan pada setiap pos. Dari pintu gerbang Senaru sampai Danau Segara Anak terdapat tiga pos. Sepanjang jalan trail pengunjung dapat menikmati keindahan hutan belantara dan bebatuan yang menakjubkan.

Untuk memperoleh informasi mengenai pendakian Gunung Rinjani telah disediakan Pusat Pendakian Terpadu ( Rinjani Trek Centre ) atas kerjasama Balai Taman Nasional Gunung Rinjani dengan NZAID ( New Zealand Asistance International Development ), Dari Danau Segara Anak bila anda ingin melanjutkan perjalan ke Puncak Gunung Rnjani anda harus menuju ke pelawangan sembalun yang membutuhkan waktu ± 4 Jam, dari pelawangan sembalun ke Puncak Rinjani membutuhkan waktu 4 - 5 Jam.

Pendakian ke puncak umumnya dilakukan pada pukul 2 dinihari, ini dimaksudkan agar pada pagi harinya dapat menikmati matahari terbit ( Sunrise ) dari Puncak Gunung Rinjani serta dapat menikmati pemandangan seluruh pulau Lombok bahkan pulau Bali apabila cuaca cerah.
- Mataram - Senaru ( ± 3 - 4 Jam Kendaraan Umum )
- Senaru - Danau Segara Anak ( ± 7 - 10 Jam Jalan Kaki )
- Danau Segara Anak - Pelawangan Sembalun ( ± 4 Jam Jalan Kaki )
- Pelawangan Sembalun - Puncak Rinjani ( ± 2 - 3 Jam Jalan Kaki )

2. JALUR SEMBALUN
Jalur Sembalun merupakan jalur yang ramai dilalui oleh pengunjung terutama oleh para penggemar treking. Rute yang dilalui adalah gerbang sembalun lawang - pelawangan sembalun - puncak rinjani memakan waktu 9 - 10 jam. Jalur ini sangat dramatis dan mengesankan trail wisata yang anda lalui merupakan padang savana dan punggung gunung yang berliku - liku dengan jurang disebelah kiri dan kanan jalur.

Dibandingkan jalur Senaru, jalur pendakian ini tidak terlalu curam, namun karena didominasi oleh padang savana menjadikan perjalanan anda bermandikan peluh oleh teriknya matahari yang menyengat, namun semua itu akan sirna saat anda dibuat terpana oleh indahnya pemandangan padang dan hutan yang luas sepanjang lembah - lembah nan hijau disebelah timur Gunung Rinjani, bahkan mata anda akan dimanjakan oleh indahnya selat Alas dan Pulau Sumbawa di kejauhan.

Setelah tiba di puncak Rinjani anda bisa beristirahat sejenak sembari menikmati panorama alam dan berbangga diri telah menginjakkan kaki disalah satu kaki langit di Indonesia serta menimbulkan rasa kekaguman akan ciptaan Tuhan.
- Mataram - Sembalun ( ± 4 - 5 jam kendaraan umum )
- Sembalun Lawang - Puncak Gunung Rinjani ( ± 7 Jam Jalan Kaki )
- Sembalun Lawang - Danau Segara Anak ( ± 2 - 3 Jam Jalan Kaki )

3. JALUR TOREAN
Sepanjang jalur ini, dari Desa Torean menuju kali Tiu ( batas TNGR ) yang merupakan Pos I pendakian dapat dijumpai ladang, padang pengembalaan, perkebunan dan merupakan kawasan Hutan Produksi. Kemiringan 20 - 45% jarak desa Torean dengan batas TNGR ( Pos I ) ± Km 5,00 Km dengan kemiringan ±10 - 30%.

Flora yang dapat dijumpai yakni: Bajur, Klokos Udang, Rotan Hutan, Bangsal, Lengsir, Jambu, Bunut, Blimbing Hutan, Juwet, Paku - pakuan, Ketimunan, Rajumas, Tapan Dawa. Sedangkan Fauna yang dapat dijumpai yakni: beberapa jenis burung ( perkici, Daweuh, Kecial, Srigunting ).

Jarak dari Pos III Torean menuju ke Plawangan Torean ± 3,50 Km dengan kemiringan ± 30 - 40%, sepanjang perjalanan kita akan berada dalam apitan 2 buah gunung dan kita juga dapat menikmati aliran sungai ( Kokok ) Putih.
- Mataram - Torean ( ± 4 - 5 Jam Kendaraan Umum )
- Torean - Danau Segara Anak ( ± 8 - 9 Jam Jalan Kaki )
Untuk menikmati salah satu tempat wisata di Lombok yang paling banyak dikunjungi ini, sebenarnya tidak diperlukan bermacam-macam kebutuhan. Yang diperlukan untuk menjawab tantangan Gunung Rinjani adalah semangat, sabar dan stamina yang prima.

Artikel ini bisa anda temukan mudah dengan kata kunci:
gunung rinjani, pendakian gunung rinjani, letak gunung rinjani, wisata lombok, wisata rinjani, rinjani trekking, liburan di lombok