Iklan

14 Rekomendasi Tempat Wisata di Bali & 4 Kuliner di Bali Halal

14 Rekomendasi Tempat Wisata di Bali Yang Menarik [Terbaru] - Terletak di sebelah timur pulau Jawa, Bali pariwisata Indonesia yang terkenal di seluruh dunia. Berwisata menuju pulau bali sangat menyenangkan dan pulau bali atau juga di sebut pulau dewata ini memang sudah terkenal sampai ke mancanegara. Selain terkenal dengan keindahan alamnya, terutama pantainya, Bali juga terkenal dengan seni dan budaya yang unik dan menarik. Banyak sekali tempat-tempat wisata di bali yang menarik untuk di kunjungi, dan setiap tempat wisata yang ada di bali memiliki keunikan dan keindahan tersendiri.

Bali sebagai daerah tujuan wisata yang lengkap dan terintegrasi memiliki banyak tempat wisata menarik, apa saja tempat wisata di Bali yang wajib dikunjungi?

14 Rekomendasi Tempat Wisata di Bali

1. Wisata Bali (Tari Kecak Uluwatu)

Tari Kecak merupakan tarian khas Bali yang paling terkenal dan paling menarik untuk menonton. Dari sekian banyak tempat yang menunjukkan hambatan Kecak, saya pikir yang paling menarik adalah Uluwatu Kecak Dance di Pura Uluwatu berada. Tari Uluwatu Tari Kecak Bali Kecak menunjukkan matahari terbenam latar belakang di Uluwatu sangat indah. Tari Kecak Uluwatu sangat populer dan ramai karena itu jika Anda ingin menonton pertunjukan tari Kecak Uluwatu, saya sarankan untuk pesan dari jauh hari.

2. Wisata Bali (Sangeh)

Sangeh adalah tempat wisata di Bali yang akan membawa anda menyatu dengan alam. Terletak di Ubud, Bali, Sangeh adalah sebuah hutan yang dihuni oleh banyak kera liar. Kera-kera ini dianggap keramat oleh penduduk setempat sehingga tidak boleh diganggu dan dibiarkan hidup di hutan Sangeh. Kera di Sangeh sangat menyukai makanan, mereka akan berusaha mendapatkan makanan yang anda bawa, walaupun makanan tersebut ada di dalam tas anda. Di tempat ini anda akan menyaksikan kehidupan ratusan kera yang unik dan menarik.

3. Wisata Bali (Garuda Wisnu Kencana (GWK)

Garuda Wisnu Kencana atau biasa disingkat GWK adalah sebuah taman wisata budaya yang berlokasi di Bali Selatan. Garuda Wisnu Kencana adalah sebuah patung yang sangat besar karya I Nyoman Nuarta. Saat ini, patung Garuda Wisnu Kencana belum sepenuhnya selesai dibuat, hanya sebagian saja yang telah selesai, namun walau begitu anda tetap dapat menikmati kemegahan Garuda Wisnu Kencana. Selain patung, anda juga dapat melihat keindahan bukit kapur yang di potong menjadi balok-balok kapur besar. Balok-balok kapur ini nantinya akan penuh dengan pahatan. Selain itu di kawasan Garuda Wisnu Kencana juga terdapat teater seni, anda dapat menikmati berbagai jenis tari dan kesenian Bali di teater ini setiap harinya.

4. Wisata Bali (Pantai Lovina)

Pantai Lovina mungkin tidak terlalu sering terdengar di kalangan wisatawan. Pantai Lovina adalah salah satu tempat wisata di Bali yang paling saya sukai karena di Pantai Lovina kita dapat melihat lumba-lumba berenang dan meloncat di habitat aslinya. Terletak di Bali Utara dekat dengan Kota Singaraja, anda akan pergi ke tengah laut dan melihat lumba-lumba dengan menggunakan perahu nelayan. Lumba-lumba Pantai Lovina bermain di tepi pantai pada pagi hari, oleh karena itu biasanya wisatawan berangkat dari pinggir pantai mulai dari jam 6 pagi.

5. Wisata Bali (Pura Besakih)

Pura Besakih adalah sebuah pura yang berlokasi di kaki Gunung Agung, dan merupakan pura terbesar di Bali. Di Pura Besakih sering diadakan acara keagamaan Hindu karena Pura Besakih dipercaya sebagai tempat suci dan merupakan induk dari seluruh pura yang ada di Bali. Pura Besakih dibangun dengan konsep keseimbangan Tuhan, manusia, dan alam atau sering disebut dengan sebutan Tri Hita Karana. Untuk dapat memasuki area Pura Besakih, anda harus menggunakan sarung yang dapat dipinjam di sekitar lokasi Pura Besakih.

6. Wisata Bali (Pura Uluwatu)

Pura Uluwatu adalah salah satu tempat wisata di Bali yang berada di atas sebuah tebing yang menjorok ke laut. Pura Uluwatu tidak hanya menawarkan suasana religius khas Bali, namun juga menawarkan keindahan panoramanya, terutama keindahan matahari tenggelamnya yang sudah sangat terkenal. Di Pura Uluwatu anda akan berjumpa dengan sejumlah kera yang dipercaya berfungsi menjaga kesucian Pura Uluwatu. Untuk memasuki area Pura Uluwatu, anda harus menggunakan sarung dan selendang yang merupakan simbol hormat kepada kesucian Pura Uluwatu.

7. Wisata Bali (Pantai Jimbaran)

Pantai Jimbaran adalah salah satu tempat wisata di Bali yang paling terkenal. Pada saat anda datang ke Pantai Jimbaran, yang pertama kali akan anda lihat adalah deretan meja dan kursi makan di atas pasir putih yang indah. Pantai Jimbaran terkenal dengan kuliner pinggir pantainya, terutama hidangan lautnya. Pantai Jimbaran untuk anda yang ingin berwisata ke pantai sekaligus menikmati wisata kuliner khas Bali. Tidak perlu kuatir menyantap makanan di Pantai Jimbaran karena ombak di Pantai Jimbaran sangatlah tenang, tidak membahayakan anda yang sedang 

8. Wisata Bali (Arung Jeram Sungai Telaga Waja)

Arung Jeram Sungai Telaga Waja sangatlah cocok bagi anda yang suka kegiatan yang seru dan menantang. Sungai Telaga Waja memiliki air yang jernih dan bersih dan jeram yang menantang. Di akhir pengarungan anda akan meloncati sebuah pintu air, sangat seru. Setelah selesai menikmati Arung Jeram Sungai Telaga Waja, anda akan mendapatkan bonus berupa trekking naik gunung, oleh karena itu siapkan diri anda dan beristirahatlah yang cukup karena Arung Jeram Sungai Telaga Waja akan menguras tenaga anda.

9. Wisata Bali (Tanjung Benoa)

Tanjung Benoa yang berbatasan dengan Nusa Dua, Bali adalah pusat dari kegiatan olahraga dan permainan air di Bali. Karakteristik Pantai Tanjung Benoa sangatlah tenang, sehingga sangat cocok untuk berbagai jenis permainan air yang seru. Jenis permainan air yang dapat anda mainkan di sini yaitu snorkel, sea walker, banana boat, parasailing, wakeboard, waterski, jetski, scuba diving, donut boat, flying fish, dan lain-lain. Selain itu anda juga dapat pergi melihat penyu raksasa di pulau penyu dengan menaiki perahu dari Tanjung Benoa.

10. Wisata Bali (Danau Batur Kintamani)

Danau Batur Kintamani merupakan salah satu pesona alam yang dimiliki Bali. Terletak di gunung tertinggi ke 2 di Bali, Danau Batur Kintamani mempunyai hawa yang sejuk dan pemandangan yang sangat mempesona. Danau Batur Kintamani adalah danau terbesar di Bali yang banyak dikunjungi wisatawan karena menawarkan pemandangan yang tiada duanya di Bali.

11. Wisata Bali (Pantai Padang Padang)

Pantai Padang Padang mungkin kurang begitu terkenal bila dibandingkan dengan Pantai Kuta, namun Pantai Padang Padang adalah pantai yang sangat indah dan unik. Pada saat saya pertama datang ke Pantai Padang Padang juga saya mengira bahwa pantai ini adalah pantai yang tidak menarik karena kurang terkenal, namun ternyata saya salah. Pantai Padang Padang adalah pantai kecil yang tersembunyi dibalik sebuah tebing di kawasan Pecatu, dekat Uluwatu. Untuk dapat mencapai Pantai Padang Padang, anda harus melewati sebuah tangga yang membelah tebing. Pantai Padang Padang tidak besar dan luas, namun sangat indah dan menarik untuk dikunjungi. Sebagian besar pengunjung Pantai Padang Padang adalah wisatawan asing karena Pantai Padang Padang kurang terkenal dikalangan wisatawan dalam negeri.

12. Wisata Bali (Pantai Kuta)

Pantai Kuta adalah tempat wisata di Bali yang paling terkenal dan paling banyak dikunjungi wisatawan karena lokasinya yang dekat dengan bandara, pantainya yang indah, biaya yang murah, dan ombaknya yang cocok untuk peselancar pemula. Pantai Kuta juga terkenal dengan panorama matahari tenggelamnya yang sangat indah. Fakta unik dari Pantai Kuta adalah sebelum Pantai Kuta menjadi sebuah tempat wisata di Bali yang wajib dikunjungi seperti sekarang ini, Pantai Kuta merupakan sebuah pelabuhan besar, pusat perdagangan di Bali. Dengan pasir putih dan laut birunya, dilengkapi dengan fasilitas pendukung yang sangat lengkap, Pantai Kuta adalah primadona wisata Bali.

13. Wisata Bali (Pura Tanah Lot)

Pura Tanah Lot adalah salah satu tempat wisata di Bali yang terkenal dengan keindahannya, terutama pada saat matahari terbenam. Pura Tanah Lot yang terdiri dari 2 buah pura merupakan pura tempat memuja dewa laut. Keunikan dari Pura Tanah Lot adalah pura ini berada di atas sebuah batu karang besar di pinggir laut. Pada saat air laut pasang, anda tidak dapat mendekat ke Pura Tanah Lot karena di sekitar batu karang penyangga Pura Tanah Lot akan digenangi air laut. Pada saat air surut anda dapat melihat beberapa ular laut jinak yang menurut penduduk setempat merupakan penjaga Pura Tanah Lot. Selain itu, di lokasi ini anda juga dapat memegang ular suci yang jinak dan tidak berbahaya.

14. Wisata Bali (Danau Beratan Bedugul)

Danau Beratan Bedugul adalah sebuah danau yang berlokasi di daerah pegunungan dengan suasana alam yang asri. Keunikan dari Danau Beratan Bedugul adalah keberadaan pura yang bernama Pura Ulun Danu. Pura Ulun Danu terletak di pinggir Danau Beratan Bedugul dan merupakan salah satu daya tarik utama Danau Beratan Bedugul. Selain itu wisatawan juga dapat menikmati permainan air dan menyewa perahu di Danau Beratan Bedugul.




4 Kuliner di Bali Halal

1. Lawar Kuwir Men Sono

Kuwir ini merupakan sejenis bebek dalam Bahasa Bali. Mengambil posisi, lalu terpesan 3 porsi lawar kuwir. Kali ini suasananya sedikit berbeda. Pemandangan belakang terlihat rumah pemilik warung, dengan nuansa rumah pedesaan yang amat kental, dan terlihat pula dengan jelas proses pengolahan makanan ini. Dan sembari menunggu, kami menikmati suasana sekitar, sampai akhirnya terlihat mbok mendekat, tentunya mengantar 3 porsi kami.

1 porsi lawar kuwir ini terdiri dari sepiring nasi putih, sate, lawar,?dan jukut?(sayur) ares lengkap dengan daging kuwir.?Untuk rasa? “Speechless, Man!” Ini menambah Minggu pagi saya terasa lebih Minggu.

Full tank. Sarapan 2 kali memang membuat saya sedikit susah bergerak. Ada sedikit ke-mager-an (males gerak), namun banyak kepuasan. Dan setelah nasi terasa turun ke perut, saatnya berdiri. “Saya sudah siap menghadapi hari ini!”


2. Warung Jepun Bali

Kalo yang sudah pernah ke Bali pasti sudah tau dong kalo enaknya ayam betutu benar-benar khas. Dari cara penyajian, bumbu-bumbu yang aneka ragam dan rasa yang gurih di setiap gigitnya. Ahh lapar.. Oke, sudah jam makan siang saya pun memutuskan untuk makan betutu di sekitaran kantor. Kebetulan ada Warung Jepun Bali yang baru buka beberapa bulan kemaren (*sepertinya) yang menjual nasi campur betutu. Tanpa pikir panjang langsung tancap gas ke TKP.

Sampai di situ ternyata sudah mulai ramai, tapi untungnya masih ada tempat duduk buat saya dan teman saya. Duduk sebentar, kami pun langsung memesan 2 porsi nasi ayam betutu. Dan beberapa menit kemudian 2 ingka nasi campur betutu pun datang. Isinya seperti yang keliatan di foto.

Ada telor, sayur buncis, sate, ikan asin, sambel, kuah kaldu. Langsung saya coba ayamnya dan nyam nyam rasanya gurih, sedikit kenyal dan agak pedas. Pas sekali jika dimakan berbarengan dengan sayur dan ikan asinnya. Siram sedikit kaldu di nasi dan langsung saya santap semuanya. Bagi anda yang suka sate yang rasanya agak manis akan lahap sekali ditambah sambel goreng yang pedas.

Nasi betutu Warung Jepun seporsi berharga Rp 20rb + Minum. Buat kamu yang lagi di daerah Kerobokan bisa mampir ke sini yang beralamat di Jalan Raya Kesambi 101 Kerobokan, Kuta Utara. Kalo makan di lantai 2 menghadap selatan kamu bisa sekalian menikmati hamparan sawah yang tersisa di tengah himpitan rumah yang semakin padat. Warung Jepun Bali worth to try. Peace.


3. Tipat Tahu Gerenceng

Sampai akhirnya di jalan Doktor Soetomo, perlahan memandang ke kanan jalan. Dan.. Oke, tempat rame! “Tipat Tahu Grenceng”, tulisannya terpampang jelas. “Wah, yang beginian belum pernah nyoba, nih!”, pikir saya. Dan mobil pun terparkir di seberang jalan. Bertemu mas-mas, “Dua, mas!”

Lokasi tempat ini strategis, di pusat kota dan eye catching. Dan tak lama, pesanan kami datang. Tahu yang hangat,?toge segar, bumbu yang berlimpah. Sebelum diaduk, terlihat menggiurkan. Dan akhirnya sendok dan garpu tergerak untuk mencampurkan bumbu bersama tipat, tahu, dan sayur toge. Setelah rata, mulut pun terbuka, glek! Apa yang dilihat mata tadi memang sama dengan apa yang dirasa lidah. Bumbu kacangnya tertumbuk halus, melengkapi hangatnya tahu, segarnya toge, dan tentunya hmm, kalo ketupat sih sama-sama aja ya rasanya. Dan 1 lagi, yang membuat bahagia, harganya. Mengeluarkan duit 10.000 dapet kembalian 1000, itu pun uda termasuk minuman. Benar-benar mantabbbb!

4. Nasi Bali Men Weti

“Jangan ngaku pernah ke Bali kalo ga pernah ke Nasi Men Weti”. Quote dari salah satu teman saya. Tapi memang benar, Nasi Bali Men Weti ini merupakan salah satu wisata kuliner yang umum di Bali. Dari segi lokasi, memang sangat memungkinkan tempat makan ini menjadi terkenal. Ya, Nasi Bali Men Weti ini berlokasi di pinggir Pantai Sindhu, Sanur, tempat wisata yang memang ramai pengunjung.

Tapi jangan salah, walaupun Nasi Men Weti ini merupakan lokasi makan yang cukup mainstream di Bali, namun, dalam penyajiannya masih secara tradisional. Mengambil lauk dengan menggunakan tangan, typical makanan Bali, seperti menguatkan kharisma nasi campur ini sehingga terkesan Bali banget. Untuk rasa, jangan diragukan lagi, dari awal dikenalnya nasi campur ini pun memang karena rasanya. Daging ayam yang bumbunya teresap mantap, kulit ayam kering, telur rebus dengan bumbu Bali, sambel goreng, semuanya dipadukan dengan rasa yang memanjakan lidah. Dan satu hal lagi, nasi campur ini 100% halal.