Iklan

10 Peta Wisata Banyuwangi dan 4 Info Kuliner Banyuwangi Terkenal

10 Peta Wisata Banyuwangi dan 4 Info Kuliner Banyuwangi Terkenal - Tempat Wisata Banyuwangi Lengkap Wajib Dikunjungi merupakan salah satu bagian dari Wisata Jawa Timur yang cukup unggul. Banyuwangi merupakan Pemerintahan Kabupate  bagian dari Propinsi Jawa Timur. Lokasinya di ujung timur propinsi Jatim dan berdekatan dengan wisata Bali. Dari pusat  kabupaten Jawa Timur dengan kendaraan darat butuh waktu sekitar 8 jam. Namun di Banyuwangi saat ini sudah ada bandara atau airport yang sudah buka sekitar tahun 2010 namanya Blimbing sari, sesuai dengan nama lokasi berada.

Wisata Banyuwangi Jawa Timur sudah cukup lama menjadi perhatian pecinta traveling karena disini terdapat berbagai jenis tempat wisata menarik bahkan ada yang sudah berkelas internasional seperti wisata kawah ijen, Pantai Plengkung , dan Pantai Sukamade. Pengunjung lokal maupun internasional banyak yang berdatangan baik darai arah timur (setelah dari wisata Bali ) atau dari arah barat  seperti surabaya, Wisata Bromo, Wisata Malang atau bahkan dari wisata yogyakarta yang kemudian meneruskan liburan mereka ke pulau Bali. Berikut daftar tempat wisata di Banyuwangi yang wajib dikunjungi saat Anda ber wisata di Jawa Timur.

 Peta Wisata Banyuwangi

Tempat Wisata Banyuwangi Lengkap Wajib Dikunjungi

10 Daftar Peta Tempat Wisata Banyuwangi

1. Kawah Ijen Banyuwangi 
Kawah Ijen adalah sebuah danau yang berwanra kebiruan yang terletak di Gunung Ijen Banyungi. Salah satu tempat wisata favorit bagi wisatawan dari luar negeri, apalagi ada sebuah fenomena api biru atau bluefire atau blueflame yang hanya ada 2 di dunia. Perjalanan ke Gunung Ijen butuh pendakian sekitar 3 jam, cukup melelahkan namun semua akan terobati kala menyaksikan keindahan dan pesona wista kawah Ijen.



2. Pantai Plengkung Atau G Land Banyuwangi 
Pantai Plengkung atau Glanf merupakan spot surfing terbaik di Asia Tenggara, ombaknya tergolong sangat tinggi besar dan menantang sehingga pernah menjadi salah satu tempat kompetisi surfing intenasional. Para peselancar tingkat dunia banyak yang berdatangan ke Pantai yang masih dalam kawasan Taman Nasional Alas Purwo. Akses ke Pantai ini bisa langsung dari Banyuwangi atau dari Bali (untuk daftar tempat wisata di Bali , klik tautan)

3. Pantai Rajeg Wesi Banyuwangi 

Pantai Rajegwesi termausk dalam kawasan Taman Nasional Meru Betiri. Jaraknya cukup jauh dari kota Banyuwangi. Untuk mencapai pantai ini Anda akan melewati perkebunan karet, coklat dan sebagainya akan menambah liburan menyenangkan


4. Pantai Sukamade Banyuwangi 
Pantai Sukamade juga berada di area Taman Nasional Meru Betiri (TNMB). Lokasinya tidak jauh dari Pantai Rajeg Wesi diatas, namun yang paling menarik adalah disini merupakan tempat bertelurnya penyu atau kura-kura yang menjadi daya tarik utama bagi wisatawan untuk mengunjunginya. Lokasinya masih sangat asri alami. Dari pusat kota Banyuwangi butuh waktu sekitar 4-5 jam menggunakan kendaraan Jeep atau sewa Hartp dari penduduk sekitar banyuwangi.

5. Pantai Teluk Hijau atau Green Bay Banyuwangi 
 Pantai Teluk Hijau juga menjadi bagian dari Taman Nasiobel Meru Betiri. Pantainya juga masih alami dan indah. Apalagi dilihat dari bukit atau dari atas tebing di dekat pantai. Pantai ini masih satu jalur untuk menuju Pantai Sukamade dan Pantai Rajegwesi diatas.


6. Pantai Pulau Merah atau Red Island Banyuwangi 
Pantai Pulau Merah juga merupakan spot surfing selain pantai Plengkung, ombaknya cukup besar dan mengagumkan, apalagi ada sebuah pulau indah dekat pantai ini akan menambah sempurnanya wisata Anda.

7. Taman Nasional Baluran Banyuwangi 
Taman Nasional Baluran merupakan salah satu tempat konservasi flora dan faune atau berbagai satwa liar yang di langka dan lindungi. Disini juga terdapat sebuah pantai indah namanya Pantai Bama. Untuk kesini tidak terlalau sulit karena banyak penginapan yang bisa dengan mudah sekali ditemukan baik disewakan oleh pengelola Taman Nasional Baluran maupun oleh penduduk sekitar

8. Agrowisata Kalibendo Banyuwangi 
Agriwisata Kali Bendo merupakan tempat perkebunan cengkeh, karet , kopi dan tanaman lainnya yang lokasiny masih 1 rrute untuk menuju kawah ijen dan sekitar 25 km dari pusat kota banyuwangi. Udaranya sangat masih segar alami, sehingga cocok untuk melepas kepenatan aktivitas sehari-hari

9. Pantai Watu Dodol Banyuwangi 
Pantai Watu Dodol merupakan pantai yang aksesnya paling mudah karena dekat dengan jalur utama Situbondo-Banyuwangi, tempat yang cocok untuk singgah dan refreshing kala melewati rute ini


10. Pemandian Taman Suruh Banyuwangi 
Meruapak kolam renang atau pemandian yang airnya dari sumber alami dan sangat sejuk. Jadi selai sebagai tempat olah raga reang saat kesini anda akan disuguhi pemandangan natural yang membuat hati jadi tentram.
Itulah beberapa tempat wisata di Banyuwangi yang bisa  anda kunjungi. Dari daftar tersebut Anda bisa menyesuaikan waktu yang dipunyai untuk mengunjungi obyek-obyek wisata tersebut karena ada beberapa lokasi yang jaraknya agak jau di selatan banyuwangi seperti Pantai Sukamade. Semoga Artikel wisata banyuwangi diatas bermanfaat dan bisa menjadi refernsi kala akan ber wisata di Banyuwangi.

4 Info Kuliner Banyuwangi Terkenal

1. Pecel Pitik Banyuwangi 
Dari sekian makanan khas yang ada, Pecel Pitik (Pecel Ayam) yang paling dinanti. Selain jarang dijumpai, kuliner asli Using ini terkenal akan rasanya yang khas. Bahan dasarnya adalah ayam kampung muda (sekitar umur 8 bulan) yang dibakar diatas tungku perapian namun tidak sampai kering.  Pecel Pitik ini salah satu kuliner suku Using yang disukai Bupati Banyuwangi, Abdullah Azwar Anas.
Kuliner yang hanya muncul disaat acara adat tersebut disajikan dengan parutan kelapa muda, dicampur dengan kacang yang sudah dihaluskan. Kacang yang sudah disangrai itu dicampur lagi dengan beragam rempah bumbu pedas serta diaduk rata bersama sedikit air kelapa muda agar bumbu meresap. Selanjutnya, bumbu tersebut dicampur bersama ayam kampung yang sudah dipotong menjadi sejumlah bagian.
Bagi warga desa adat Using, Desa Kemiren, Kecamatan Glagah, Pecel Pitik adalah sajian disaat waktu tertentu saja. Semisal upacara adat atau kegiatan budaya lainnya. Sebab itu, Pecel Pitik hingga saat ini masih lestari meski warga tidak sering memasaknya sebagai konsumsi rumah tangga dikesehariannya.
Di wilayah yang juga dihuni suku Using lainnya, seperti di daerah Rogojampi dan Gontoran, Pecel Pitik dihidangkan sedikit berbeda. Pecel Pitik dihidangkan dengan secara basah karena terdapat sedikit kuah dari air kelapa muda. Namun, citarasanya sama, khas dan enak dimulut.

2. Sego Tempong Banyuwangi 

Kuliner satu ini lumayan populer di Banyuwangi. Ya, kuliner dengan ciri khas ada pada sambal yang segar dengan tingkat rasa pedas yang luar biasa itu sangat digemari penikmatnya. Dari cerita yang berkembang di masyarakat, nama kuliner ini diambilkan dari rasa pedas sambalnya tersebut. Dimana sego (nasi) tempong akan membuat penikmatnya serasa ditempong (tempeleng) seusai memakannya.
Sego Tempong disajikan dengan beragam sayuran, seperti daun ketela, timun, kacang panjang terung dan lainnya. Lauknya pendampingnya bisa apapun, namun yang pasti tak ketinggalan adalah tempe, tahu dan ikan asin goring.
Sego Tempong banyak dijumpai dihampir warung dipinggir jalan-jalan kota yang ada di Banyuwangi. Harga untuk per porsinya cukup terjangkau yaitu sekitar Rp 5 ribu. Herannya, meski harga cabe sedang mahal, namun tingkat kepedasan sambal dari Sego Tempong masih luar biasa pedasnya.

3. Sego Cawuk Banyuwangi 

Kuliner asli Banyuwangi ini paling enak dihidangkan untuk menu sarapan pagi atau juga saat makan siang. Nasi Cawuk ini dihidangkan bersama parutan kelapa yang diberi air matang, yang dilengkapi irisan kecil mentimun dan jagung. Biasanya, kuah khas Using ini diberi juga ikan teri.
Sebagai lauk pendamping, Sego Cawuk disantap bersama pepesan ikan laut pedas dan telur ayam atau itik rebus. Bagi yang suka pedas bisa menambahkan sambal tomat. Dinamakan Sego Cawuk, karena dahulu cara memakannya tidak menggunakan sendok atau biasa disebut warga Banyuwangi, Cawuk.
Di Banyuwangi hanya warung-warung tertentu yang menyediakan menu Sego Cawuk. Semisal disamping Gedung Wanita, Banyuwangi. Itupun hanya ada dipagi hari saja.

4. Rujak Soto Banyuwangi 
Rujak Soto ini hasil kreasi kuliner Banyuwangi selanjutnya. Kuliner satu ini lebih mudah untuk membelinya di warung-warung makan. Karena memang banyak yang menjual salah satu makanan khas Banyuwangi, ini. Rujak Soto ini adalah perpaduan dua kuliner berbeda. Yakni rujak cingur dengan soto babat.

Rujak cingur disajikan dengan cara disiram soto babat. Perpaduan dua kuliner berbeda ini menghasilkan citarasa yang nikmat. Biasanya disajikan pedas namun menyesuaikan dengan selera. Belakangan, Rujak Soto banyak menginspirasi warga Banyuwangi untuk menciptakan kuliner perpaduan lainnya. (Bay/SOJ-Ir)

Sekian informasi dari kami tentang 10 Peta Wisata Banyuwangi dan 4 Info Kuliner Banyuwangi Terkenal yang dapat saya informasikan, semoga bermanfaat.